Buka Informasi Publik, Hak Anda Untuk Tahu !!!

Sekilas KI SULSEL

Komisi Informasi adalah sebuah lembaga mandiri yang lahir berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Komisi Informasi Pusat (KIP) pertama kali bekerja pada tanggal 1 Mei 2010 berdasarkan ketentuan pelaksanaan UU Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) yang mensyaratkan pelaksanaan UU ini setelah 2 (dua) tahun diundangkan oleh pemerintah.

UU KIP mengamanahkan pembentukan Komisi Informasi (KI) di tingkat pusat, 1 (satu) tahun semenjak diundangkan yaitu tahun 2009, sedangkan untuk tingkat provinsi dan kabupaten/ kota paling lambat harus terbentuk 2 (dua) tahun semenjak KIP diundangkan yaitu tanggal 31 April 2010. KI sebagai lembaga mandiri berfungsi menjalankan UU KIP dan peraturan pelaksanaannya, menetapkan petunjuk teknis standar layanan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi dan/ atau ajudikasi non-litigasi.

Di Provinsi Sulawesi Selatan, Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan dibentuk pada tanggal 12 April 2011, yang beranggotakan komisioner yang berasal dari unsur pemerintah dan masyarakat (media, kampus dan Organisasi Masyarakat Sipil).

Pada saat ini, melalui Keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 1813/X/TAHUN 2019 tentang Pengangkatan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan tertanggal 3 Oktober 2019, Komisi Informasi Provinsi Sulsel memiliki komisioner 5 (lima) orang, yakni: Andi Tadampali, Benny Mansjur, Pahir Halim, Fauziah Erwin dan Khaerul Mannan


Tekan ESC untuk menutup pencarian

Skip to content